ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BILANGAN BERPANGKAT

Sari, Anggi Lestari Eka (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BILANGAN BERPANGKAT. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_ANGGI L.I.S._T.MTK_23070160119.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sari, Anggi Lestari Ika. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bilangan Berpangkat. Skripsi, Salatiga: Program studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag, M. Phil. Kata Kunci: Kesalahan Siswa; Bilangan Berpangkat; Teori Nolting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang bilangan berpangkat berdasarkan teori Nolting, yang terdiri dari empat kategori yaitu: kesalahan kecerobohan (careless errors), kesalahan konsep(concept errors),kesalahan penerapan(application errors) , dan kesalahan ketika tes(test taking errors) . selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa SMK-SPP Dharma Lestari Salatiga kelas X Tata Boga yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh 16,66% siswa melakukan kesalahan kecerobohan (careless errors) yaitu kecerobohan menuliskan kembali komponen-komponen soal dan hasil jawaban soal, 29,16% siswa melakukan kesalahan konsep (concept errors) yaitu siswa tidak menguasai konsep sifat-sifat operasi perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Kemudian 54,16% siswa melakukan kesalahan penerapan (application errors) yaitu siswa mengetahui rumus tetapi tidak dapat menerapkannya untuk menyelesaikan soal, dan 29,16% siswa melakukan kesalahan ketika tes (test taking errors) yaitu siswa tidak menyelesaikan jawaban akhir dari soal yang diberikan atau jawaban kosong. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaiakan soal-soal matematika adalah kurang belajar, kurang teliti, sulit memahami soal terutama yang berkaitan dengan aljabar, kurang memahami sifat-sifat operasi bilangan berpangkat dan bilangan pecahan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2021 09:27
Last Modified: 31 Mar 2021 01:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item