PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kholida, Seli Ulvia (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
seli ulvia kholida (23040150134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kholida, Seli Ulvia. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar ; Model Think Pair Share Penulisan ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas V MI Ma‟arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan moel thinkpair share dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesi materi menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas V MI Ma‟arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasi belajar tiap siklus yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar maksimal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan ide pokokpararaf pada siswa kelas V MI Ma‟arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Melalui model think pair share ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu 25% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 50% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 100% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar tematik Bahasa Indonesia materi menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas V MI Ma‟arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2021 13:13
Last Modified: 23 Mar 2021 06:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item