IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP ALAM AL AQWIYA CILONGOK

, LINDA AFRIYANI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP ALAM AL AQWIYA CILONGOK. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23060160008-LINDA AFRIYANI-TIPA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Afriyani, Linda. 2020. Implementasi Pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Saintifik di SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. Skripsi. Salatiga: Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Pendektan Saintifik, Pembelajaran IPA Tujuan dalam penelitian ini ada tiga hal, yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik di SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik di SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik di SMP Alam Al Aqwiya Cilongok. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui penelitian secara langsung dari hasil observasi dan wawancara antara penulis dengan informan. Selanjutnya adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari sumber yang tidak tertulis seperti dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik di SMP Alam Al Aqwiya Cilongok sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari lembar observasi pembelajaran sudah adanya kegiatan 5 M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Meskipun pada kegiatan menanya tidak banyak peserta didik yang mau untuk bertanya karena alasan malu, seperti di kelas VII yang baru masuk. (2) faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik adalah di sekolah tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 yang artinya semua mata pelajaran harus menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajarannya. Faktor lainnya yaitu peserta didik antusias memperhatikan dan melakukan kegiatan yang sudah direncanakan oleh guru dalam RPP. (3) faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik adalah kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran IPA seperti Laboratorium IPA dan belum tersedianya LCD di beberapa kelas. Dari pihak sekolah juga berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana yang belum tersedia secara perlahan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2021 08:51
Last Modified: 24 Mar 2021 08:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item