ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMPIT AL-FALAH BANDUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Nisa, Nur Harini Khoirun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMPIT AL-FALAH BANDUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR HARINI KHOIRUN NISA 23070160140.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa, Nur H. Khoirun, 2021. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMPIT Al-Falah Bandungan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata kunci: penalaran matematis; gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui profil kemampuan penalaran matematis siswa SMPIT Al-Falah Bandungan. (2) Mengetahui profil gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik siswa SMPIT Al-Falah Bandungan. (3) Mengetahui korelasi kemampuan penalaran dengan gaya belajar siswa SMPIT Al-Falah Bandungan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan metode korelasi. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Al-Falah Bandungan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah 89 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematis dan angket gaya belajar yang dimodifikasi dari dari penelitian terdahulu yang telah diujicobakan dan digunakan oleh Utami dan Meliasari. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan Uji hipotesis korelasi product moment. Hasil penelitian mengenai analisis kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPIT Al-Falah Bandungan Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai berikut: (1) Profil kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa berada pada kategori sedang dengan prosentase 50% sebanyak 15 siswa dari 30 responden. (2) Untuk Profil dari gaya belajar siswa SMPIT AL-FALAH Bandungan Kecendurungan gaya belajarnya adalah gaya belajar visual dengan dari prosentase 40%. Untuk gaya belajar auditori sebesar 37%, dan sebanyak 17% memiliki gaya belajar kinestetik. Terdapat 2 siswa yang memiliki gaya belajar gabungan, yaitu gaya belajar V-K (visual-kinestetik) dan V-A (visual-auditorial). (3) Hubungan kemampuan penalaran matematis terhadap gaya belajar siswa berada pada interval kuat dengan nilai 0,4536464 dan taraf signifikan korelasi sebesar 2,561 dengan tingkat hubungan sebesar 19% hal tersebut membuktikan kalau 19% kemampuan penalaran matematis siswa ditentukan oleh gaya belajar, dan sisanya ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2021 11:13
Last Modified: 24 Mar 2021 04:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

View Item View Item