PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun 2021)

Fatmawati, Retno Nugraheni (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun 2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RETNO NUGRAHENI FATMAWATI 23010160301.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Retno Nugraheni Fatmawati. 2021. Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Anak Tunagrahita (Studi Kasus di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun 2021). Skripsi. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, S.Psi., M.Si. Kata kunci : peran orang tua, akhlakul karimah, tunagrahita Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui peran orang tua terhadap nilai-nilai akhlakul karimah pada anak tunagrahita. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak tunagrahita dan untuk mengetahui faktor pendukung juga penghambat orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara display data, reduksi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peran orang tua sangat berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak tunagrahita, peran orang tua bukan hanya memberikan nasehat untuk berakhlak yang baik namun juga mencontohkan dan memberikan teguran bagi anak yang tidak berakhlak baik. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak tunagrahita adalah a). sifat anak yang penurut, b. mandiri, c. mudah diatur, d. lingkungan yang menerima, e. sifat anak yang malas, f. pelupa, g. kurang fokus, h. keterbatasan intelegensi anak, i. susah berkomunikasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2021 13:05
Last Modified: 24 Mar 2021 13:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item