ADAPTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA BELAJAR DARI RUMAH PADA SISWA KELAS XII SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN 2020

ERMAWATI, ELFINA (2021) ADAPTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA BELAJAR DARI RUMAH PADA SISWA KELAS XII SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
T.MTK_ELFINA_ERMAWATI_23070160025[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ermawati, Elfina. 2020. Adaptasi Pembelajaran Matematika Di Masa Belajar Dari Rumah Siswa Kelas Xii Smk Diponegoro Salatiga Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M. Pd. Kata kunci: Difusi Inovasi, Pembelajaran Matematika, Belajar Dari Rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses adaptasi pembelajaran matematika di masa belajar dari rumah pada siswa kelas 12 SMK Diponegoro Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan mixed methods. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner dilakukan untuk mengetahui tahap persuasi, tahap keputusan dan tahap implementasi pada proses adopsi inovasi pembelajaran matematika di masa belajar dari rumah. Wawancara dilaksanakan untuk melengkapi data angket. Sumber data penelitian didapat dari pengisian kuesioner yaitu siswa kelas XII SMK Diponegoro Salatiga sebanyak 139 siswa, dan wawancara sebanyak 8 siswa berdasarkan hasil kuesioner sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pada tahap pengetahuan, siswa berusaha mencari tahu bagaimana proses pembelajaran matematika di masa belajar dari rumah melalui media masa. Pada tahap persuasi, siswa berusaha menyikapi pembelajaran matematika dimasa belajar dari rumah ini karena adanya pandemi. Adapun tahap keputusan, siswa berusaha menerima pembelajaran matematika dimasa belajar dari rumah ini dengan mencoba memahami materi dengan bertanya ke guru secara online ataupun teman. Pada tahap implementasi, siswa berusaha bertanya ke guru atau teman untuk mengatasi kendala dalam kesulitan memahami materi. Tahap konfirmasi, siswa mencoba mendapat dukungan dari guru, orang tua dan teman.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2021 13:42
Last Modified: 24 Mar 2021 13:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item