Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam di SD Pinggiran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDN Kumpulrejo 3 Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban)

Sugianto, (2021) Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam di SD Pinggiran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDN Kumpulrejo 3 Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SUGIANTO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam. 2) Hambatan dan daya dukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh Pendidikan Agama Islam. 3) Dampak kegiatan pembelajaran jarak jauh Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran jarak jauh dilaksanakan sebagai alternatif pembelajaran selama pandemi covid-19 dengan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah serta orang tua. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan daring dan luring. Evaluasi dilakukan dengan melakukan hubungan langsung orang tua dengan tujuan agar selama PJJ peserta didik tetap berada dalam pengawasan. 2) terdapat kendala dan daya dukung yang mempengaruhi penerapan pembelajaran jarak jauh. 3) Dampak dari pembelajaran jarak jauh adalah perubahan orientasi yaitu bagaimana agar siswa tetap belajar ditengah pandemic covid tanpa ada tuntutan menyelesaikan kurikulum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:14
Last Modified: 25 Mar 2021 06:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item