ANALISIS BUKU AJAR MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 BERDASARKAN ASPEK LITERASI MATEMATIKA

Karim, Abdul (2021) ANALISIS BUKU AJAR MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 BERDASARKAN ASPEK LITERASI MATEMATIKA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Abdul_Karim_Skripsi_Bab_1-5[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Karim, Abdul. 2020. Analisis Buku Ajar Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Getasan Tahun Pelajaran 2020/2021 Berdasarkan Aspek Literasi Matematika. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Buku Ajar, Literasi Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar matematika Kelas VII Semester ganjil di SMP Negeri 3 Getasan tahun pelajaran 2020/2021 berdasarkan aspek literasi matematika, mengetahui faktor pendukung dan penghambat buku ajar dalam penerapanya. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika pada konten isi materi dan soal berorientasi PISA konten quantity, yaitu berupa mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dalam mematematisasi, menalar, dan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer adalah buku ajar yang digunakan oleh guru matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan. Sedangkan sumber data primer adalah pendukung berupa informan dalam penelitian, yaitu guru matematika di SMP Negeri 3 Getasan Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil analisis materi yang digunakan pada buku ajar matematika di Kelas VII Semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 SMP N 3 Getasan sudah pada kategori baik. Pada penelitian ini diambil modul pembahasan materi guru matematika mengenai bangun datar kelas VII SMP. Didapatkan hasil analisis nilai level yang beragam mulai dari level 1 hingga yang tertinggi pada level 4 litersi matematika. (2) Berdasarkan hasil penilaian literasi matematika konten quantity kemampuan siswa masih dibawah nilai rata – rata standar dari kriteria PISA, yaitu rata – rata nilai 43,88 untuk siswa laki – laki yang berjumlah 9 siswa dan rata – rata nilai 45,00 untuk siswa perempuan yang berjumlah 14 siswa. (3) Faktor pendukung buku ajar diantaranya adalah sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran, penggunaan buku ajar yang sesuai dengan literasi matematika, sistem pembelajaran yang menarik, dan peran motivasi dari guru dan orang tua. (4) Faktor penghambat buku ajar diantaranya adalah faktor personal, instruksional dan lingkungan, hambatan dalam kemampuan guru membuat konten pembelajaran atau teknologi pembelajaran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:36
Last Modified: 25 Mar 2021 08:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item