STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZ DI SD PLUS TAHFIDZUL QUR'AN (PTQ) ANNIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUGIYARTI, RINI (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZ DI SD PLUS TAHFIDZUL QUR'AN (PTQ) ANNIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS @ RINI. S.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang strategi guru dalam pembelajaran tahfiz di SD Plus Tahfizul Qur’An (PTQ) ANNIDA Salatiga dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran tahfiz, faktor pendukung dan penghambat serta upaya guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran tahfiz di SD Plus Tahfizul Qur’An (PTQ) ANNIDA Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Narasumber adalah guru tahfiz dan kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Permasalahan yang dibahas meliputi strategi guru dalam pembelajaran tahfiz, faktor pendukung dan penghambat serta upaya guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran tahfiz di SD Plus Tahfizul Qur’An (PTQ) ANNIDA Salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru yang digunakan dalam pembelajaran tahfiz di SD Plus Tahfizul Qur’An (PTQ) ANNIDA Salatiga adalah strategi sorogan individu (privat) dan klasikal individu. Sedangkan untuk pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an yaitu pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal, menghafal urutan ayat yang dihafalnya dalam satu kesatuan jumlah setelah benar-benar hafal, menggunakan satu jenis mushaf, memperhatikan ayat-ayat yang serupa dan disetorkan pada seorang pengampu. Faktor pendukung pembelajaran tahfiz yaitu latihan atau pengulangan, kecerdasan dan tersedianya guru yang sesuai dengan bidangnya. Faktor penghambat pembelajaran tahfiz yaitu munculnya rasa malas, sering lupa dalam menghafal Al-Qur’an dan tidak bisa mengatur waktu. Solusi guru tahfiz dalam mengatasi hambatan pembelajaran Al-Qur’an adalah memberikan motivasi kepada siswa, memperbanyak waktu untuk murojaah, dan bekerjasama dengan orang tua dengan mengisi buku mutaba’ah. Implikasi pembelajaran tahfiz yaitu siswa lebih tartil dalam membaca Al-Qur’an, anak menjadi lebih semangat dalam menghafal Al-Qur’an, tercapainya target hafalan, sering menjuarai berbagai lomba, tidak terbebani dan tidak mengganggu mata pelajaran lain. Sedangkan implikasi bagi lembaga adalah dikenal dalam masyarakat luas, mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menyekolahkan putra/putri mereka di Annida.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2021 14:13
Last Modified: 30 Mar 2021 03:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item