UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIHMATERI SHALAT IDAIN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NASIHIN, SLAMET UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIHMATERI SHALAT IDAIN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
SLAMET NASIHIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Shalat Idain, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Shalat Idain dengan metodedemonstrasi yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Shalat Idain kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten Kecamatan CandimulyoKabupaten Magelang.Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari pengalaman tentang kondisi kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten dimana beliau mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Fiqih. Selain itu juga lemahnya proses pembelajaran yang berkembang dewasa ini. Pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi.Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai guru selama ini lebih banyak menggunakan metode konvensional.Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari siswa. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-¬rata siswa hanya 63,33. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten Kecamatan CandimulyoKabupaten Magelang yang berjumlah 15 siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Shalat idain dengan metode demonstrasi mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I,dan siklus II yang masing-masing sikluis terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Shalat Idain dengan metode demonstrasi mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam prestasi belajar Fiqih. Pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 63,33 dengan persentase ketuntasan 40%, pada siklus I meningkat sebesar 46,67% dengan nilai rata-rata skor 68 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,33% dengan nilai rata-rata skornya 81,67. Nilai rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 74,83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2017 05:04
Last Modified: 30 Jan 2017 05:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item