PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VIII DI SMP IT ASSALAM BANDUNGAN

RAMADHA, IIS EKA (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VIII DI SMP IT ASSALAM BANDUNGAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
IIS EKA RAMADHA T.IPA 23060160087.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media flash card pada materi zat aditif dan adiktif siswa kelas VIII di SMP IT Assalam Bandungan tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VIII B SMP IT Assalam Bandungan yang berjumlah 24 siswa perempuan. Proses pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media flash card, terdapat langkah-langkah yang dilakukan, antara lain yaitu: 1) menjawab pertanyaan-pertanyaan, 2) membentuk kelompok, 3) melaksanakan penyelidikan memecahkan masalah, 4) diskusi kelompok, 5) presentasi di depan kelas, 6) mengerjakan soal evaluasi. Media flash card digunakan siswa untuk membantu proses penyelidikan terhadap tugas kelompok yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan media flash card dapat meningkatkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa VIII B SMP IT Assalam Bandungan pada materi zat aditif dan adiktif. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses kegiatan pembelajaran. Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,70 dan ketuntasan klasikal sebesar 58%, 14 siswa dinyatakan tuntas dan 10 siswa dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,58 dan ketuntasan klasikal sebesar 92%, 22 siswa dinyatakan tuntas dan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11,88 dan persentase ketuntasan 34%. Penelitian ini dapat dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu KKM ≥ 70 dan ketuntasan klasikal yg diperoleh lebih dari 85% dari seluruh peserta didik kelas VIII B pada siklus II, maka penelitian ini dikatakan berhasil dan siklus dihentikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2021 17:07
Last Modified: 29 Mar 2021 17:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item