KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI MTs ASWAJA TENGARAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Azizah, Nur (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI MTs ASWAJA TENGARAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nur Azizah 23070160067_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif field independence dalam menyelesaikan soal matematika, (2) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif field dependence dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 5 siswa dengan gaya kognitif Field Independence (FI) dan 5 siswa dengan gaya kognitif Field Dependence (FD). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes GEFT dan tiga kali tes kemampuan komunikasi matematis. Data yang dianalisis adalah data dari tes GEFT dan data dari tiga kali tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya kognitif field independence (FI) memiliki kemampuan komunikasi matematis cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pertama, kedua dan ketiga. Hasil tes siswa dengan gaya kognitif field independence (FI) lebih baik dibandingan dengan hasil tes siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD). Siswa dengan gaya kognitif field independence (FI) mampu memenuhi sebagian besar indikator kemampuan komunikasi matematis. (2) Siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD) memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pertama, kedua dan ketiga. Hasil tes siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD) lebih rendah dibandingkan dengan hasil tes siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD). Sebagian besar siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD) mampu mengubah soal cerita ke dalam model matematika. Siswa dengan gaya kognitif field dependence (FD) mampu memenuhi sebagian kecil indikor kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2021 11:12
Last Modified: 31 Mar 2021 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item View Item