KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA DITINJAU DARI KRITERIA PENILAIAN DALAM TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) (Telaah Terhadap Buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs

Faroh, Arina Ulil (2021) KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA DITINJAU DARI KRITERIA PENILAIAN DALAM TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) (Telaah Terhadap Buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faroh, Arina Ulil, 2020, Kesesuaian Buku Teks Matematika Ditinjau Dari Kriteria Penilaian Dalam Trends in Intenational Mathematics and Science Study (TIMSS) (Telaah Terhadap Buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs)”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si. M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Buku Matematika SMP Kelas VIII, TIMSS. Buku merupakan sumber belajar yang penting bagi siswa, begitu pula matematika membutuhkan buku sebagai media atau bahan ajar untuk proses pembelajaran. Salah satu buku matematika yang beredar di sekolah-sekolah adalah buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi materi pada buku tersebut ditinjau dari domain konten TIMSS, untuk mengetahui komposisi contoh soal pada buku tersebut ditinjau dari domain kognitif TIMSS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat analisis isi (content analyze) dengan metode pustaka (literer). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument domain konten dan domain kognitif yang terdapat pada buku TIMSS 2019. Proses penelitian diawali dengan analisis yang dilakukan mandiri oleh peneliti yang kemudian diserahkan ke validator Ibu April Nurbaningsih, S.Pd. yang merupakan guru MTs NU dan juga kepada Ainuddin Daahil Jabir, S.Pd. yang merupakan mahasiswa S2 pendidikan matematika, selama proses analisis dan validasi data peneliti melaksanakan wawancara dengan Ibu April Nurbaningsih, S.Pd. Sumber data utama adalah buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs, buku TIMSS 2019, dan hasil wawancara. Untuk sumber data sekunder berupa buku yang relevan, jurnal, serta penelitian sebelumnya. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Dengan persentase number (bilangan) sebesar 24,41% sedangkan yang diminta oleh TIMSS 30%, untuk domain algebra (aljabar) ditemukan 25,76% sedangkan yang diminta TIMSS 30%, domain geometry (geometri) ditemukan 43,73% sedangkan yang diminta oleh TIMSS sebesar 20%, dan domain data and probability (data dan probabilitas) ditemukan 6,10% sedangkan yang diminta oleh TIMSS sejumlah 20%. Selain domain konten juga ditemukan domain kognitif knowing (pengetahuan) sebesar 26,72% sedangkan yang diminta oleh TIMSS sebesar 35%, domain applying (penerapan) sebesar 63,79% dari yang diminta TIMSS sebesar 40%, dan domain reasoning (penalaran) sebesar 9,48% dari yang diminta TIMSS sebesar 25%. Ditinjau dari aspek-aspek kognitif ditemukan recall (mengingat) 45,71%, retrieve (mencari) 48,57%, compute (menghitung) 5,71%, determine (menentukan) 41,56%, represent (merepresentasikan) 10,39%, implement (menerapkan) 48,05%, analyze (menganalisa) 72,73%, integrate (menggabungkan) 27,27%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2021 09:22
Last Modified: 07 Apr 2021 09:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item