MOTIVASIBELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS AMPEL TAHUN 2020/2021

Wahyuningsih, Nunuk (2021) MOTIVASIBELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS AMPEL TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel selama new normaldan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran e-learningdi SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel selama new normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian lapangan yaitu datannya berisi tentang pernyataan, kalimat, dan dokumen. Menggunakan sumber data primer atau sumber data utama. Analisis data diolah melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama motivasi belajar siswa sangat rendah dikarenakandarihasilwawancara yaituterhambat olehjaringan sinyalhandphone, siswa tidak memiliki handphone sendiri, siswa tidak begitu paham dengan materi yang dikerjakan. Gurumemberikan tugaskepada siswabanyak siswa yang tidak mengerjakan dikarenakan siswa kurang termotivasi sehingga tugas hanya dijadikan sebagai bahan sampingan . Adapun tugas tersebut dikerjakan oleh orang tua sehingga siswa tidak akan paham dengan materi bahasa Indonesia yang diajarkan. Kedua, pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi yang diberikan kepada siswa adalah dengan cara pemberian tugas melalui whatsappgrub kelas. Ketiga, cara menangulangi pelajaran bahasa Indonesia melalui pembelajaran E-Learningadalah dengan cara berdiskusi dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, guru datang kerumah murid satu persatu. Membuat sebuah media pembelajaran yang membuat anak menjadi tertarik sehingga anak menjadi termotivasi untuk mempelajarinya. Keempat kendala yang dihadapi guru sulit mengajarkan materi langsung kepada siswa sehingga materi yang diajarkan sulit untuk dipahami oleh siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 May 2021 12:43
Last Modified: 27 May 2021 05:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item