Pengaruh Persepsi Kemudahan, Ketersediaan Fitur Islami, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan Mobile Banking BRI Syariah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga)

Mustika, Nindya (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Ketersediaan Fitur Islami, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan Mobile Banking BRI Syariah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skipsi Nindya Mustika 63010170013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Dari data studi eksploratori yang dilakukan terhadap 50 mahasiswa, hanya sekitar 16 orang (32%) saja yang memiliki dan menggunakan mobile banking BRI Syariah. Padahal, mereka semua merupakan nasabah dari bank tersebut sejak lama. Ditengah inovasi teknologi yang semakin modern, penelitian ini mengangkat permasalahan tersebut sehingga dapat ditemukan jawaban hal apa yang lebih mempengaruhi mahasiswa untuk berminat menggunakan mobile banking BRI Syariah. Grand theory dari penelitian ini yaitu Technology Acceptance Model. Populasi atau objeknya adalah 3.650 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga sebagai nasabah dari BRI Syariah. Sedangkan sampelnya diambil dengan menyebarkan kuesioner melalui teknik purposive sampling dimana telah ditetapkan suatu kriteria sebelumnya dan dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampelnya yaitu 360 sampel. Data diolah dengan IBM SPSS 23 kemudian dianalisis dengan uji instrumen, uji hipotesis, uji asumsi klasik, dan path analysis. Berdasarkan hasil uji t (parsial) yang pertama menunjukkan variabel persepsi kemudahan dan ketersediaan fitur Islami berpengaruh positif signifikan, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap kepercayaan. Kemudian, dari hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan tidak mampu memediasi persepsi kemudahan, ketersediaan fitur Islami, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan mobile banking BRI Syariah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:18
Last Modified: 10 Jun 2021 07:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item