PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH IBADAH MATERI SHALAT JAMAK DAN QASHAR MELALUI METODE MODELING THE WAY DAN PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII MTS AL-ITTIHAD SEMOWO TAHUN 2020/2021

safira, Yulia (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH IBADAH MATERI SHALAT JAMAK DAN QASHAR MELALUI METODE MODELING THE WAY DAN PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII MTS AL-ITTIHAD SEMOWO TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Yulia Safira_ 23010170013_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Safira, Yulia.2020. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Shalat Jamak dan Qashar Melalui Metode Modeling The Way dan Probing Prompting Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Istiqlal M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Modeling The Way , Probing Prompting Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode Modeling The Way dan Probing Prompting dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi shalat jamak dan qashar dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII A MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Modeling The Way dan Probing Prompting dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi shalat jamak dan qashar pada sisiwa kelas VII A di MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode Modeling The Way dan Probing Prompting dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi shalat jamak dan qashar. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu pada tahap Pra Siklus terdapat 9 siswa yang tuntas dari seluruh siswa dengan rata-rata nilai keseluruhan 64,23%. Sedangkan pada Siklus I terdapat 16 siswa yang tuntas dengan rata-rata 69,23%. Dan pada Siklus II hanya terdapat 3 siswa yang belum tuntas dengan 23 siswa dengan rata-rata nilai 85,46%. Sedangkan data presentasi maksimal yang dicapai 85%, maka data presentase Pra-Siklus sampai dengan Siklus II sebagai berikut: Pra-Siklus 34%, Siklus I 61%, dan Siklus II 88%. Maka hasil yang didapatkan sudah melebihi target yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi shalat jamak dan qashar pada siswa kelas VII A MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2021 13:08
Last Modified: 10 Jun 2021 06:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item