UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2019

FITRIA, DESSY (2021) UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DESSYFITRIASKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitria, Dessy. 2021. Ukuran Perusahaan sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode tahun 2015-2019. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami, M.Ag., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ukuran Perusahaan sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan populasi bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Metode sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana terdapat penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu, sehingga sampel yang diperoleh 60 sampel dari 12 bank umum syariah dengan periode pengamatan 2015-2019. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji T, uji F, R², uji asumsi klasik dan uji MRA. Uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Struktur Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan, variabel Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kemudian, variabel ISR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan interaksi ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan, interaksi ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh ISR terhadap Nilai Perusahaan dengan cara melemahkan hubungannya. Kata Kunci: Economic Value Added, Islamic Social Reporting, Return On Equity

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2021 14:54
Last Modified: 10 Jun 2021 08:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item