PERAN MEDIASI MINAT PADA PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi pada Kaum Milenial di DKI Jakarta)

Irmawanti, Adelia (2021) PERAN MEDIASI MINAT PADA PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi pada Kaum Milenial di DKI Jakarta). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Adelia Irmawanti (63010170004) - Perbankan Syariah S1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung di bank syariah khususnya di wilayah DKI Jakarta dengan variabel pengetahuan, religiusitas dan promosi dan minat menabung menjadi variabel mediasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Analisis data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan 400 nasabah perbankan syariah di Jakarta dengan golongan usia milenial. Metode pengumpulan data yakni melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah bank syariah di Jakarta yang merupakan sampel. Analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 20 serta metode analisis jalur. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian menunjukan pengetahuan, religiusitas dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Pengetahuan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. Religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada keputusan menabung. Selanjutnya hasil dari uji analisis jalur menunjukan minat menabung dapat memediasi pengetahuan, religiusitas dan promosi terhadap keputusan nasabah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2021 20:08
Last Modified: 10 Jun 2021 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item