EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2020/2021

hilmawati, Silfia (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SILFIA HILMAWATI 23070170044 (T.MATEMATIKA).pdf

Download (5MB)

Abstract

Hilmawati, Silfia. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Istiqlal, M.Pd Kata Kunci: Open Ended; Self Efficacy Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran close ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self effiacy siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan open ended. variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan self effiacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII E. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self efficacy yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil pretest nilai rata-rata pemecahan masalah matematis kelas eksperimen adalah 50,00 dan kelas kontrol adalah 54,91 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki rata-rata tidak jauh berbeda. Diperkuat dengan uji Independent Sample T-test. Sedangkan hasil pretest angket self efficacy kelas eksperimen adalah 66,23 dan kelas kontrol adalah 67,03 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki rata-rata tidak jauh berbeda. Diperkuat dengan uji Independent Sample T-test. Hasil posttest rata-rata pemecahan masalah kelas eksperimen 83,14 dan kelas kontrol 67,09 dapat disimpulkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol dan ada perbedaan. Diperkuat dengan uji Independent Sample T-test. Sedangkan posttest angket self efficacy rata-rata kelas eksperimen 83,59 dan kelas kontrol 73,26 disimpulkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol dan ada perbedaan. Hal ini diperkuat dengan uji Independent Sample T-test. Hal ini diperkuat dengan uji Independent Sample T-test N-Gain untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa kedua hipotesis dalam penelitian ini terpenuhi sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran close ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2021 19:12
Last Modified: 11 Jun 2021 12:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item