IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2020

SANTOSO, FENDI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
bab 1-5 new 10 B.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Karakter Religius ; Pramuka Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter religius dalam kegiatan kepramukaan yang dilakukan siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam proses pendidikan karakter religius dalam kegiatan kepramukaan yang dilakukan siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam proses pendidikan karakter dalam kegiatan kepramukaan di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman serta Sugiyono, dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter religius di SMP Islam Al-Azhar dapat ditinjau dari penanaman pendidikan karakter yang dilakukan oleh para guru dan pembina pramuka itu sangat baik. Salah satu usahanya yaitu melakukan pembiasaan adab kepada siapapun baik teman sebaya maupun orang yang lebih tua, menjalankan ibadah fardhu maupun sunnah, serta sosial maupun spiritual, 2) Faktor lingkungan yang Islami dan peran serta para guru dan pembina pramuka merupakan faktor pendukung yang sangat penting dalam mendidik karakter anak. Karena lingkungan SMP Al-Azhar menunjukkan dan mencerminkan nilai-nilai Islami yang sangat tinggi yang dilaksanakan seluruh elemen di sekolah termasuk guru dan pembina pramuka. Selain itu orang tua murid dalam membimbing dan memberikan motivasi anaknya di rumah merupakan suatu hal yang tidak kalah penting, 3) Faktor lingkungan sekolah dan keluarga, menjadi faktor penghambat karena mempengaruhi siswa menjadi anak yang nakal. Yakni pola pikir murid belum stabil akhirnya menimbulkan pertengkaran, mengajak teman membolos ekstra pramuka. Serta keluarga bisa menjadi penghambat anak dalam mengikuti kegiatan pramuka yang dikiranya “berbahaya”, maka orang tua melarang ikut.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 10:06
Last Modified: 13 Jun 2021 03:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item