BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA ANAK SMP DI DESA LAMPAR TAMANSARI BOYOLALI

Kurniati, Ina (2021) BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA ANAK SMP DI DESA LAMPAR TAMANSARI BOYOLALI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
INA KURNIATI 23080170018.pdf

Download (2MB)
[img] Text
INA KURNIATI 23080170018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurniati, Ina. 2021. Bimbingan Belajar Berbasis Gaya Belajar dalam Meningkatkan Hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika anak SMP di Desa Lampar, Tamansari, Boyolali. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Bimbingan Belajar Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk dapat mengetahui kondisi belajar sebelum diberikannya layanan bimbingan belajar 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar 3) Untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikannya layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian mix method yang merupakan gabungan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif. Desain yang digunakan yaitu Concurrent Triangulation Strategy yang dilakukan dengan cara menggunakan metode kuantitatif dan kuantitatif secara bersama-sama. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas 7 yang berjumlah 16 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar kondisi siswa diketahui belum mengetahui gaya belajar mereka, selama ini mereka belajar secara otodidak, menunggu guru menjelaskan baru bisa memahami materi dan hanya membaca buku saja mereka juga menganggap bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik, serta didapati nilai rata-rata pretest yaitu 46,25 dimana berdasarkan pedoman dapodik angka tersebut masih tergolong rendah sehingga perlu diadakannya layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar. Pelaksanaan layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar dilaksanakan dengan langkah sebagai berikut: 1) Asesmen gaya belajar siswa, 2) Analisis gaya belajar, 3) Pengelompokkan data gaya belajar, 4) Pengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajar, 5) menentukan media ,6) Murid menerapkan gaya belajar kedalam kegiatan belajar melalui bimbingan guru. Setelah diberikannya layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar, diketahui siswa dapat mengenal gaya belajar mereka masing-masing dan dapat menerapkannya ke dalam kegiatan belajar matematika, pandangan terhadap mata pelajaran matematika juga berubah, mereka menganggap belajar matematika menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Serta didapati nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan pretest yaitu sebesar 80,63 dimana berdasarkan data dapodik nilai tersebut termasuk kedalam kategori tinggi. Sehingga pemberian layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji hipotesis yang memperoleh 0,000 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 10:45
Last Modified: 14 Jun 2021 04:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item