ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK OPEN ENDED MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs ASWAJA TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aryati, Tia (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK OPEN ENDED MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs ASWAJA TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FIXS TIA ARYATII.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aryati, Tia. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Open Ended Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa; Open Ended. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk open ended materi relasi dan fungsi berdasarkan kriteria kesalahan menurut Watson Kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk open ended materi relasi dan fungsi berdasarkan kriteria kesalahan menurut Watson Kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 29 siswa dari MTs Aswaja Tengaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data tes dan wawancara, penyajian data dan kesimpulan. Serta keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa, (1) kesalahan prosedur, (2) kesalahan kesimpulan, (3) kesalahan konflik level respon, (4) kesalahan manipulasi tidak langsung, (5) kesalahan masalah hierarki keterampilan, (6) kesalahan selain ketujuh kategori diatas. Penyebab kesalahan yaitu (1) kesalahan prosedur (inappropriate procedure/ip): tidak memahami langkah penyelesaian soal dan kurang menguasai soal, (2) kesalahan kesimpulan (omitted conclusion/oc): salah konsep pemahaman untuk menyimpulkan, (3) kesalahan konflik level respon (response level conflict/rlc): tidak memahami konsep soal dan tidak menggunakan data untuk kesimpulan, (4) kesalahan manipulasi tidak langsung (undirect manipulation/um): kurang memahami konsep soal, (5) kesalahan hierarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp): tidak teliti dalam proses perhitungan dan mengoperasikan bilangan, (6) kesalahan selain ketujuh kategori diatas (above other/ao): tidak mampu merespon soal dan tidak memahami konsep matematika pada soal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 11:10
Last Modified: 14 Jun 2021 11:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10808

Actions (login required)

View Item View Item