UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI ILMU PENGETAHUAN MASA DAULAH ABBASIYAH MELALUI METODE EDUTAINMENT DAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

indriyani, Atika (2021) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI ILMU PENGETAHUAN MASA DAULAH ABBASIYAH MELALUI METODE EDUTAINMENT DAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Ilmu Pengetahuan Masa Daulah Abbasiyah Melalui Metode Edutainment Dan Discovery LearningPada Siswa Kelas VIII MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2020/2021. Subjek yang diteliti terdri dari 12 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Yang akan dilaksanakan dengan dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70 dan ditandai dengan upaya meningkatkan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Hal ini dibuktikan dengan adanya upaya meningkatkan pada setiap siklusnya. Data hasil penelitian ini menunjukan nilai prasiklus belum ada yang tuntas dari 20 siswa dengan nilai rata-rata 40. Pada siklus I terdapat upaya meningkatkan hasil belajar menjadi 75% atau 15 siswa yang tuntas dan 25% atau 5 siswa belum tuntas, dengan nilai rata-rata 75,5%. Pada siklus II terjadi upaya meningkatkan menjadi 18 siswa yang tuntas atau 90% dan 2 siswa belum tuntas atau 10% dengan rata-rata nilai 85,75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 14:12
Last Modified: 14 Jun 2021 14:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item