MANAJEMEN MADRASAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTs YAJRI PAYAMAN MAGELANG TAHUN 2021

KUSUMANINGSIH, SITI KURNIA (2021) MANAJEMEN MADRASAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTs YAJRI PAYAMAN MAGELANG TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FIX REVISI SKRIPSI SITI KURNIA KUSUMANINGSIH 23010170329.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kusumaningsih, Siti, Kurnia. 2021. Implementasi Manajemen Madrasah Berbasis Pondok Pesantren Di MTs Yajri Payaman Magelang Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen, Madrasah, Pondok Pesantren Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen madrasah berbasis pondok pesantren di MTs Yajri Payaman Magelang. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana manajemen madrasah berbasis pondok pesantren yang diterapkan di MTs Yajri Payaman Magelang yang ditinjau dari manajemen kurikulum, peserta didik, personalia, sarana dan prasarana, serta pembiayaan pendidikan. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan manajemen madrasah berbasis pondok pesantren. 3) Strategi dalam meningkatkan manajemen madrasah berbasis pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview/ wawancara, dokumentasi dan observasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, bendahara madrasah, serta pengurus kepesantrenan Analisa data pada penelitian ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan penelitian ini: 1) pada manajemen kurikulum madrasah ini menggunakan kurikulum kombinasi antara kurikulum departemen agama, kementrian pendidikan (K13), dan juga kurikulum pondok pesantren. Sedangkan kurikulum pada pondok pesantren menggunakan kurikulum mandiri dengan sistem madrasah diniyah (tingkatan kelas), pada pelaksanaannya dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dan sudah berjalan dengan baik. 2) Untuk manajemen peserta didik dimadrasah ini berjalan baik dan meliputi semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan peserta didik dimulai dari penerimaan sampai akhir/kelulusan. 3) Untuk manajemen personalia semua elemen tenaga pendidik dan staf lainnya berasal dari alumni. 4) Pada bagian sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik yang meliputi proses perencanaan, pengadaan, penyimpanan dan perawatan barang, dalam pelaksnaan tentunya tetap melihat segi kegunaannya. 5) Pelaksanaan bagian pembiayaan sudah berjalan dengan baik, catatan keluar masuk dana sudah dibukukan dengan jelas karena pembiayaan berpusat pada pondok pesantren akan tetapi pengelolaannya dilaksanakan bersama dengan pihak madrasah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2021 10:42
Last Modified: 15 Jun 2021 10:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item