PERNIKAHAN SIRRI DAN AKIBAT BAGI PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI KELURAHAN LANGENSARI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)

Bhakti, Alfian Setyo (2021) PERNIKAHAN SIRRI DAN AKIBAT BAGI PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI KELURAHAN LANGENSARI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI-ALFIANSB_REVISI.pdf

Download (2MB)

Abstract

xv ABSTRAK Bhakti, Alfian Setyo. 2021. Pernikahan Sirri Dan Akibat Bagi Perempuan Dan Anak (Studi Kasus Di Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang). Skripsi, Salatiga: Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Yusuf Khummaini, S.H.I, M.H. Kata Kunci: Pernikahan, Sirri, Akibat Hukum. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tentang praktik pernikahan sirri yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. 2) Untuk mengetahui apa ada akibat hukum yang terjadi bagi pasangan yang melakukan pernikahan sirri khususnya di pihak perempuan dan anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif, dalam penelitian ini tidak ada perlakuan yang ditambahkan atau dikurangi dalam perolehan data dilapangan, penelitian ini menggambarkan suatu gejala, kondisi sifat situasi yang apa adanya tanpa ada manipulasi pada waktu penelitian di lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Pendekatan ini menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke obyeknya yaitu mengetahui hukum dari praktik xvi pernikahan sirri di Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Praktik pernikahan sirri yang terjadi mempunyai latar belakang yang berbeda namun pada intinya semua sama yaitu ingin mendapatkan keabsahan. 2) Pernikahan sirri menimbulkan akibat yang nyata bagi pelakunya hal ini menimbukan berbagai problem yaitu a) problem keluarga b) problem hukum c) problem sosial dan psikologis d) problem agama.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2021 13:10
Last Modified: 01 Mar 2023 08:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item