ANALISIS PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015- 2019)

, Ana Puji Susilowati (2021) ANALISIS PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015- 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wati, Ana Puji S. Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Intellectual Capital (IC) terhadap Manajemen Laba (ML) dengan Financial Distress (FD) sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Yusvita Nena Arinta, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Coorporate Governance (GCG) dan Intellectual Capital (IC) terhadap Manajemen Laba (ML) dengan Financial Distress (FD) sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian kuantitatif dengan populasi bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti sehingga diperoleh 60 sampel dari 12 bank umum syariah pada periode pengamatan tahun (2015-2019). Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi Uji statistik deskriptif, uji stasioner, uji regresi, uji T, uji F, uji R2 , uji asumsi klasik dan uji path. Uji path menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel KA dan FD berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ML, sedangkan KI berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ML, dan IC berpengaruh positif dan signifikan terhadap ML. Berdasarkan uji path menunjukkan interaksi FD tidak dapat memediasi pengaruh KA, KI dan IC terhadap ML. Kata Kunci: Komite Audit, Komisaris Independen, Intellectual Capital, Manajemen Laba, dan Financial Distress.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2021 11:24
Last Modified: 16 Jun 2021 11:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item