KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KARANGMOJO TENGAH, DESA KARANGMOJO, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

, Niken Tri Astuti (2021) KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KARANGMOJO TENGAH, DESA KARANGMOJO, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_Niken Tri A _23040160126_Skripsi.pdf

Download (984kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan orang tua dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat orang tua dalam mendampingi anaknya dengan pembelajaran daring mata pelajaran matematika dari rumah pada Pada Masa Pandemi Covid-19 di dusun Karangmojo Tengah, desa Karangmojo, Kec.Klego, Kab. Boyolali tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan diperkuat dengan data sekunder. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua siswa kelas V dan VI di dusun Karangmojo Tengah sebanyak 5 orang dengan pekerjaan yang heterogen seperti petani, penjahit, ibu rumah tangga, tukang mebel, dan lain sebagainya. Diperkuat dengan siswa kelas V dan V I sebanyak 5 orang dan juga 2 guru yang menjadi wali kelas V dan VI Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) kesiapan orang tua dalam mendampingi anak dalam pembelajaran daring sudah dilakukan namun belum maksimal. Hal tersebut ditunjukkan orang tua belum menerapkan kebiasaan jam belajar serhingga belajar ketika mendapatkan tugas 2.) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada anak, dengan berbagai faktor pendukung seperti halnya orang tua akan secara langsung mengetahui perkembangan anak baik kognitif, afektif maupun psikomotorik anak, dan faktor penghambat sepertihalnya internet, waktu orang tua, minat anak dengan matematika, pengetahuan orang tua, dan anak menjadi malas belajar

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2021 13:46
Last Modified: 20 Jun 2021 06:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item