PENGARUH KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN REPUTASI AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2019)

Fitriyah, (2021) PENGARUH KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN REPUTASI AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI _FITRIYAH_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Komite Audit, Ukuran Peusahaan, dan Return On Asset (ROA), terhadap Income Smoothing dengan Reputasi Auditor sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Syariah Peeriode 2015-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian berjumlah 55, yang terdiri dari 11 Bank yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang memiliki kelengkapan keuangan yang dibutuhkan dalam penelitian. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Eviews 9. Metode analisis data meliputi uji stasioneritas, uji model regresi data panel, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji MRA. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komite Audit, dan Ukuran Peusahaan tidak berpengaruh terhadap Income Smoothing, yang diproksikan menggunakan indeks kustono. Return On Asset (ROA) berpengaruh negatif signifikan terhadap Income Smoothing. Berdasarkan analisis MRA, variabel Reputasi Auditor tidak dapat memoderasi pengaruh Komite Audit dan Ukuran Peusahaan terhadap Income Smoothing. Dan Reputasi Auditor dapat memoderasi Return On Asset (ROA) terhadap Income Smoothing yang diproksikan menggunakan indeks kustono.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:37
Last Modified: 22 Jun 2021 05:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item