PRAKTIK SEWA MENYEWA RUMAH KONTRAKAN DITINJAU DARI ASAS-ASAS MU'AMALAH (Studi Kasus Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga)

Angraeni, Renni (2021) PRAKTIK SEWA MENYEWA RUMAH KONTRAKAN DITINJAU DARI ASAS-ASAS MU'AMALAH (Studi Kasus Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RENNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sewa menyewa rumah kontrakan adalah suatu hal yang lumrah di sekitar Kelurahan Kecandran yang dekat dengan kampus IAIN Salatiga. Berbagai macam latar belakang penyewa dan berbagai macam kepentingan pemberi sewa mewarnai praktik sewa menyewa rumah kontrakan di Kelurahan Kecandran, dan dari berbagai latar belakang dalam sewa menyewa tersebut muncul berbagai problematika yang menarik untuk diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik sewa menyewa rumah kontrakan di Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga? dan bagaimana praktik sewa menyewa rumah kontrakan di Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga ditinjau dari asas-asas mu‟amalah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berjenis penelitian lapangan atau (field research). Pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, prosedur pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan dicek keabsahanya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sewa-menyewa rumah kontrakan di Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga dilakukan secara lisan oleh orang yang cakap hukum dan didasarkan atas kesepakatan bersama mengenai obyek sewa, harga sewa, sistem pembayaran dan pengembalian barang sewaan. Sebagian besar sewa menyewa itu sudah sesuai dengan fiqih mu‟amalah. Namun satu diantaranya belum sesuai , karena pihak pemberi sewa mengambil sebagian isi dari rumah yang disewakan. Dalam perspektif asas mu‟amalah, sewa menyewa tersebut sebagian besar telah sesuai, dan satu diantaranya tidak sesuai dengan beberapa asas muamalah yaitu, asas al- Adālah, asas al-Rida, asas Musyārakah dan asas tabādul al-manafi‟.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 11:57
Last Modified: 22 Jun 2021 11:57
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10934

Actions (login required)

View Item View Item