DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA MATERI IKLAN MEDIA CETAK ATAU ELEKTRONIK TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V MI AL-BIDAYAH CANDI

NURFAJARIYAH, ANISAH FIFI (2021) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA MATERI IKLAN MEDIA CETAK ATAU ELEKTRONIK TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V MI AL-BIDAYAH CANDI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Anisah Fifi Nurfajariyah 2304070075 fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia materi Iklan Media Cetak atau Elektronik tema 3 subtema 1, serta untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap implementasi kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia materi Iklan Media Cetak atau Elektronik tema 3 subtema 1 kelas V MI Al-Bidayah Candi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelii memperoleh data menggunakan empat teknik: Interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diambil dari hasil wawancara secara langsung dengan guru kelas VA dan VB serta hasil kuesioner dengan peserta didik dan orang tua. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Materi Iklan Media Cetak atau Elektronik, Tema 3 Subtema 1, di kelas V MI Al-Bidayah Candi, dilakukan dengan cara daring pada tanggal 12 Oktober 2020 dari perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dipersiapkan oleh guru kelas VA dan VB. Tahap perencanaan, guru telah melaksanakan tahapan mengkaji silabus sampai dengan penilaian. Sedangkan dalam pelaksanaan, terdapat tiga tahapan yaitu; pembuka, inti, dan penutup. Kemudian, bentuk evaluasi guru menggunakan bentuk tes tertulis online dengan aplikasi SCI. (2) Dampak pandemi covid-19 Terhadap Implementasi kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia materi Iklan Media Cetak atau Elektronik tema 3 subtema 1 kelas V MI Al-Bidayah Candi. Dampak yang dirasakan dalam pembelajaran daring ini terdiri dari dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang berhasil peneliti temukan diantaranya perencanaan pembelajaran yang dipermudah dalam pembuatan RPP; memperkenalkan teknologi di masa pandemi; meningkatkan kreativitas peserta didik; terjalin hubungan yang harmonis antar guru, peserta didik, dan orang tua; serta meningkatkan rasa sabar bagi guru. Sedangkan, dampak negatif dari adanya pandemi covid-19 dalam materi Iklan Media Cetak atau Elektronik, diantaranya dalam keterbatasan kuota belajar; penilaian tugas; pelaksanaan pembelajaran; serta menurunnya motivasi dalam belajar mengajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 13:23
Last Modified: 22 Jun 2021 13:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10938

Actions (login required)

View Item View Item