PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SECARA DARING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MIFTAHUL ULUM DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

QOLIFATULLAELA, NUR (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SECARA DARING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MIFTAHUL ULUM DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR QOLIFATULLAELA 23040160197.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NUR QOLIFATULLAELA 23040160197.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Qolifatullaela, Nur. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia secara Daring dengan Media Pembelajaran Animasi pada Siswa Kelas V Semester I MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia, Daring, Media Pembelajaran Animasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep sistem peredaran darah manusia secara daring dengan media pembelajaran animasi pada siswa kelas V semester I MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi secara daring dengan media pembelajaran animasi. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa. Penelitian Siklus I ini dilaksanakan pada tanggal 4 Februari dan Siklus II pada tanggal 6 Februari 2021. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melelui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran materi konsep sistem peredaran darah manusia secara daring dengan media pembelajaran animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester I MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I mencapai (52,6%) dari 19 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa menggalami peningkatan yang signifikan, yaitu siswa yang tuntas mencapai (89,5%) dari 19 siswa. Hasil data tersebut dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 36,9%. Berdasarkan hasil tersebut maka siklus dihentikan, karena sudah memenuhi ketuntasan klasikal 85% dari jumlah seluruh siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester I MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 13:28
Last Modified: 23 Jun 2021 07:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item