EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) BAHASA INDONESIA MATERI KATA TANYA KELAS V MI AL-BIDAYAH CANDI

adintya, lia (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) BAHASA INDONESIA MATERI KATA TANYA KELAS V MI AL-BIDAYAH CANDI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Lia Adintya 23040170042 fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan apa problematika penggunaan media Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Bahasa Indonesia Materi Kata Tanya Kelas V MI Al-Bidayah Candi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan teknik online survey. Menggunakan metode wawancara langsung, kuesioner menggunakan aplikasi google form, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diambil dari hasil wawancara secara langsung dengan pendidik kelas VA dan VB, serta hasil kuesioner dengan peserta didik dan orang tua. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Efektivitas penggunaan media Quizizz pada pembelajaran daring Bahasa Indonesia materi Kata Tanya. Menurut pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik kelas V, penggunaan media Quizizz pada pembelajaran daring (online) Bahasa Indonesia materi Kata Tanya kelas V di MI Al-Bidayah Candi sudahlah efektif. Menurut pendidik kelas VA dan VB penggunaan media Quizizz sudahlah efektif. Dari 26,7% jawaban peserta didik kelas 5B, 73,3% jawaban kelas 5A dan 13,3% jawaban dari orang tua peserta didik yang mana 4 dari 6 orang tua peserta didik mengatakan bahwa penggunaan media Quizizz efektif. 2) Problem dirasakan oleh pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik. Problem yang dirasakan pendidik susah dalam memantau peserta didik jika masuk Quizizz dengan menggunakan dua akun atau lebih. Problem peserta didik adalah waktu setiap soal yang kurang panjang sehingga peserta didik sering kehabisan waktu saat mengerjakan. Selain itu juga, problem kuota dan sinyal. Problem yang dirasakan orang tua peserta didik adalah masih awamnya dalam mengakses media Quizizz dan juga tidak dapat mengulang membaca soal yang sudah dikerjakan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2021 13:34
Last Modified: 22 Jun 2021 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item