UPAYA TASAWUF UNDERGROUND JAKARTA DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARENESS PANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN MELAKSANAKAN IBADAH

Pratama, Agustina Norma (2021) UPAYA TASAWUF UNDERGROUND JAKARTA DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARENESS PANAK JALANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN MELAKSANAKAN IBADAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis Agustina CD perpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pratama, Agustina Norma. 2020. Upaya Tasawuf Underground Jakarta Dalam Menumbuhkan Self-Awareness Anak Jalanan dan Implikasinya Terhadap Kesadaran Melaksanakan Ibadah. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Hammam Ph.D Kata Kunci : Tasawuf Underground, Anak Jalanan, Kesadaran Beribadah, Tesis ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesadaran Beribadah Anak Jalanan di Tasawuf Underground. (2) Upaya Tasawuf Underground dalam menumbuhkan self-awareness anak jalanan dalam melaksanakan ibadah (3) implikasi pembentukan self-awareness terhadap kesadaran beribadah anak jalanan di tasawuf underground. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek peneilitian ini adalah pendiri Tasawuf Underground dan Anak Jalanan binaan Tasawuf Underground. Lokasi penenelitian di Kolong Jembatan Tebet Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran beribadah anak jalanan di tasawuf underground mulanya sangat rendah. Dtunjukkan dengan tidak mau sholat, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mengamen di jalanan, tidak kembali ke rumah. Langkah-langkah yang dilakukan Tasawuf Underground untuk menumbuhkan self-awareness dalam beribadah adalah pertama melakukan pendekatan dengan mengacu teori penentrasi sosial yang tahapannya meliputi lima tahap 1) tahap orientasi, 2) pertukaran penjajakan afektif, 3) pertukaran afektif 4) pertukaran stabil, 5) depenetrasi. Kemudian dilanjutkan dengan mengenalkan ibadah kepada anak jalanan dengan tahapan 1) mafhum dakwah 2) mafhum haraki dan 3) mafhum tandzhimi Implikasi dari upaya yang dilakukan Tasawuf Underground dalam menumbuhkan self-awareness anak jalanan untuk melaksanakan ibadah adalah adanya perubahan perilaku pada anak jalanan binaannya yang meliputi, mau mengerjakan sholat, berdzikir, belajar mengaji, bekerja sesuai minat masing-masing anak, dan mau sekolah lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2021 11:18
Last Modified: 23 Jun 2021 11:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item View Item