DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI KEBONREJO 1 KELAS V SALAMAN KAB. MAGELANG

PUTRI, FENI FEBRIYANI (2021) DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI KEBONREJO 1 KELAS V SALAMAN KAB. MAGELANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FENI FEBRIYANI PUTRI 23040170143.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Feni Febriyani. 2021. Dampak Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Sekolah Di SD Negeri Kebonrejo 1 Kelas V Salaman Kab. Magelang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aprilian Ria Adisti, M.Pd. Kata Kunci: Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Pembentukan Kepribadian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pola asuh orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia sekolah di SD Negeri Kebonrejo 1 kelas V Salaman Kab. Magelangdan faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia sekolah di SD Negeri Kebonrejo 1 kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk mengolah keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Subyek penelitian adalah orang tua wali murid kelas V, siswa kelas V dan guru kelas V SD Negeri Kebonrejo 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pola asuh orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia usia sekolah di SD Kebonrejo 1 kelas V yaitu pada pola asuh otoriter yang diterapkan orang tua membuat anak menjadi cenderung tumbuh dengan kepribadian yang kurang memiliki percaya diri, kurang kreatif, dan kurang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, serta memiliki ketergantungan terhadap orang lain. Pola asuh permisif yang diterapkan orang tua mempengaruhi kepribadian anak menjadi agresif, mudah stress, menyerah dalam menghadapi tugas, dan kurang memiliki rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas. Sedangkan Pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua mempengaruhi kepribadian anak menjadi anak yang mampu berinteraksi dengan baik, berani mengemukakan pendapat, bertanggung jawab, mudah bersahabat, dan bisa memecahkan suatu masalah. Selain itu terdapat 3 faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian anak usia sekolah di SD Negeri Kebonrejo 1 yaitu (1) Faktor pendidikan orang tua, (2) Faktor lingkungan, (3) Faktor budaya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:23
Last Modified: 29 Jun 2021 02:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item