PENGARUH LABEL HALAL, CELEBRITY ENDORSER, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL “PIXY” OLEH MUSLIMAH MILENIAL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

RATNAWATI, YUNI (2021) PENGARUH LABEL HALAL, CELEBRITY ENDORSER, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL “PIXY” OLEH MUSLIMAH MILENIAL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [UNSPECIFIED]

[img] Text
3. FULL SKRIPSI YUNI RATNAWATI (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan daya beli muslim di seluruh dunia. Perkembangan kosmetik di Indonesia semakin mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya jumlah pengguna dan perusahaan kosmetik yang berdiri, sehingga produsen selalu dituntut untuk bersaing mempertahankan kualitas produk. Populasi milenial akan mempengaruhi dan mendorong kosmetik lokal untuk terus berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh label halal, celebrity endorser, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai mediasi oleh muslimah milenial pengguna produk kosmetik “PIXY”. Populasi dalam penelitian ini adalah follower dari akun Instagram @pixycosmetics yang menggunakan produk kosmetik tersebut. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive random sampling. Adapun sampel yang diambil sebanyak 102 responden dengan menggunakan kuisioner untuk mengumpulkan data. Program yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan SPSS 25.0. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis.xiii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: label halal, celebrity endorser, dan word of mouth memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Label halal dan celebrity endorser juga memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap minat beli sedangkan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Adapun minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli tidak mampu menjadi variabel intervening antara label halal terhadap keputusan pembelian, namun minat beli mampu menjadi variabel intervening antara celebrity endorser dan word of mouth terhadap keputusan pembelian.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2021 10:04
Last Modified: 24 Jun 2021 03:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10978

Actions (login required)

View Item View Item