PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Periode Tahun 2015-2019)

Erdianti, Nazla Shabrina (2021) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Periode Tahun 2015-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Nazla Shabrina fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan Bank Syariah yang semakin meningkat setiap waktunya. Untuk dapat meningkatkan kinerjanya, Bank Syariah membutuhkan dana dana yang nantinya akan digunakan untuk penyaluran pembiayaan kepada nasabah. DPK dan PDB diketahui sebagai faktor yang dapat mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah, sedangkan Inflasi menjadi faktor yang memoderasi antara faktor – faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Produk Domestik Bruto Terhadap Profitabilitas dengan Inflasi sebagai variabel Moderating Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif dengan populasi Bank Umum Syariah yang terdapat di Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses data rasio keuangan dalam annual report melalui website masing-masing bank serta melalui website resmi Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik untuk variabel makro. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sehingga diperoleh 70 sampel dari 14 bank umum syariah dengan periode pengamatan 2015-2019. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel DPK dan PDB berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Berdasarkan uji moderated regression analysis (MRA) bahwa Inflasi mampu memoderasi pengaruh antara variabel DPK dan PDB terhadap Profitabilitas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2021 14:19
Last Modified: 25 Jun 2021 08:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item