HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI SMP N 3 SURUH TAHUN 2021

Hanifa, Rima (2021) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI SMP N 3 SURUH TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RIMAHANIFA 23070160099 T.MTK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hanifa,Rima. 2021. Hubungan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Garis Dan Sudut Di Smp N 3 Suruh Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Generative Learning, Hasil Belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanacara penggunaan model pembelajaran generative learning, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran generative learning, serta untuk mengetahui hubungan model pembelajaran generative learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi soal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIIE di SMP N 3 Suruh sebelum menggunakan model pembelajaran generative learning memiliki rata – rata sebesar 70,23, simpangan baku sebesar 14,1, memiliki kategori baik dan sangat baik dengan kategori nilai sangat baik sebesar 28,6% dengan frekuensi 6 peserta didik dan kategori nila baik sebesar 71,4% dengan frekuensi 15 peserta didik, sedangkan untuk kategori nilai kurang baik dan tidak baik sebesar 0%. Dan hasil penelitian setelah menggunakan model pembelajaran generative learning memiliki rata – rata sebesar 77,1, simpangan baku sebesar 10,8, memiliki kategori baik dan sangat baikdengan kategori nilai sangat baik sebesar 42,9% dengan frekuensi 9 peserta didik dan kategori nilai baik sebesar 57,1% dengan frekuensi 12 peserta didik, sedangkan untuk kategori nilai kurang baik dan tidak baik sebesar 0%. Penggunaan model pembelajaran Generative Learning sangat membantu proses pembelajaran peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dengan tingkat keeratan 0,771 dan terdapat pengaruh sebesar 59,4% antara dua variabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Generative Learning terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 3 Suruh.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:12
Last Modified: 28 Jun 2021 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item