PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PABELAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Wijayannti, Ari (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PABELAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ARI WIJAYANTI 23070160071.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi minat belajar matematika, untuk mengetahui variasi aktivitas belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap aktivitas belajar, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP negeri 3 Pabelan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 106 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova (multivariate analysis of variance) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) minat belajar matematika siswa kelas VII tergolong ke dalam kategori tinggi dengan rata-rata 73,1% pada kelas eksperimen dan 65,4% pada kelas kontrol. (2) aktivitas belajar matematika siswa kelas VII tergolong ke dalam kategori sedang dengan rata-rata 84,6% pada kelas eksperimen dan 76,9% pada kelas kontrol. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap aktivitas belajar dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:18
Last Modified: 28 Jun 2021 11:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item