PEMBINAAN SIKAP TASAMUH DAN TA'AWUN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL QODIRIYAH WINDUSARI MAGELANG TAHUN 2021

Pangestuti, Yekti (2021) PEMBINAAN SIKAP TASAMUH DAN TA'AWUN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL QODIRIYAH WINDUSARI MAGELANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
YEKTI PANGESTUTI 23010170206.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pangestuti, Yekti. 2021. Pembinaan Sikap Tasamuh dan Ta’awun Pada Santri di Pondok Pesantren Al Qodiriyah Windusari Magelang Tahun 2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Skripsi: Barid Syamsiyah, M. Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Sikap Tasamuh, Sikap Ta’awun, Ponpes Al Qodiriyah Penelitian ini membahas mengenai Pembinaan Sikap Tasamuh dan Ta’awun Pada Santri . Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan disini untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana Pembinaan Sikap Tasamuh dan Ta’awun Pada Santri. Pertanyaan yang ingin dijawab dan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk pembinaan sikap Tasamuh dan Taawun di Pondok Pesantren (2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat pembinaan sikap Tasamuh dan Taawun di Pondok Pesantren (3) Bagaimana solusi yang dilakukan untuk meminimalisir faktor penghambat pembinaan sikap Tasamuh dan Ta’awun di Pondok Pesantren. Untuk menjawab dan mengkaji pertanyaan berikut, oleh karena itu penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk memperoleh data tentang bagaimana Pembinaan Sikap Tasamuh dan Ta’awun Pada Santri, beserta apa saja faktor pendukung dan penghambat selama proses pembinaan, dan juga solusi yang dilakukan untuk meminimalisir faktor penghambat. Dalam penelitian ini penulis memperoleh data yang diperlukan dengan wawancara secara langsung kemudian melakukan pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi, kemudian dijadikan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembinaan yang dilakukan Pondok Pesantren Al Qodiriyah dengan cara pembinaan secara langsung melalui pemberian contoh dan penjelasan langsung. (2) Faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaan pembinaa berupa kesadaran yang kurang dalam santri, karakter yang berbeda setip santri dan rasa malas yang timbul. (3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasinya seperti pemberian punishment, pendekatan secara langsung, internalisasi nilai, pemberian teguran juga memberikan pengertian.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:30
Last Modified: 28 Jun 2021 04:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item