KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021)

akvini, siti nur (2021) KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ACC SKRIPSI SITI NUR AKVINI 23040170175.pdf

Download (4MB)

Abstract

Akvini, Siti, Nur. 2021. Kinerja Guru MI dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021). Skripsi. Salatiga : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Rahmat Hariyadi, M.Pd. Kata Kunci : Kinerja Guru; Pandemi Covid-19 Tujuan penelitian ini ada lima hal, yaitu: (1) untuk mengetahui kinerja guru di MI Klero dalam masa pandemi covid-19, (2) untuk mengetahui kinerja guru di MI PK Al-Ikhlas dalam masa pandemi covid-19, (3) untuk mengetahui perbedaan kinerja guru di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas dalam masa pandemi covid-19, (4) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengatuhi kinerja guru di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas dalam masa pandemi covid-19, (5) untuk mengetahui dampak kinerja terhadap pembelajaran siswa dalam masa pandemi covid-19. Jenis penelitian skripsi ini penelitian lapangan (field research) kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara pada kepala sekolah, guru, orangtua dan siswa, dan sumber sekunder yang berupa dokumen yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam,pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru di MI Klero melakukan administrasi rencana pelaksaan pembelajaran,jurnal harian serta mengabsensi siswa. Dalam pembelajaran MI Klero menggunakan aplikasi google classroom dan Grup WA untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam memberi bimbingan guru-guru di MI Klero memberikan buku belajar khusus untuk siswa. (2) Kinerja guru di MI PK Al-Ikhlas dalam pembelajaran guru-guru di MI PK Al-Ikhlas melakukan kombinasi yaitu daring dan luring, daring dilakukan melalui google classroom dan grup WA. Dalam membimbing siswa yang terlambat dalam belajar diberikan jam tambahan di luar jam pelajaran atau melakukan kunjungan ke rumah siswa. Guru-guru MI PK melakukan penilaian melalui tugas siswa dan pengamatan ketika pembelajaran luring. (3) Perbedaan kinerja guru di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas yaitu, di MI Klero guru memberi bimbingan melalui daring, sedangkan di MI PK Al-Ikhlas guru memberikan jam tambahan untuk membimbing anak yang terlambat dalam belajar.(4) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di MI Klero dan MI PK Al-Ikhlas Tengaran antara lain : kompetensi guru yang ditingkatkan melaui beberapa pelatihan, motivasi untuk membagikan ilmu,dukungan dari orangtua, serta berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa, komitmen bersama untuk memajukan sekolah, dan iklim sekolah yang harmonis. (5) Dampak kinerja guru terhadap pembelajaran siswa yaitu dampak positifnya guru dapat mengerjakan dua tugas sekaligus,sedangkan dampak negatifnya siswa kesulitan bertanya ketika ada materi yang kurang paham.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 14:52
Last Modified: 28 Jun 2021 07:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item