PEMBACAAN SURAT YUSUF DAN SURAT MARYAM DALAM PROSESI PROCOTAN KEHAMILAN (Studi Living Qur'an di Desa Bojoasri Kec. Kalitengah Kab. Lamongan)

ROHMAH, NURUL HIDAYATUR (2021) PEMBACAAN SURAT YUSUF DAN SURAT MARYAM DALAM PROSESI PROCOTAN KEHAMILAN (Studi Living Qur'an di Desa Bojoasri Kec. Kalitengah Kab. Lamongan). [UNSPECIFIED]

[img] Text
NURUL HIDAYATUR ROHMAH-53020170043.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Tradisi Pembacaan Surat Yusuf dan Surat Maryam dalam Prosesi Procotan Kehamilan (Studi Living Qur’an di Desa Bojoasri Kec. Kalitengah Kab. Lamongan). Fokus penelitian iniadalahpertama, Bagaimana rangkaian tata cara proses pelaksanaan tradisi procotan kehamilan di desa Bojoasri kec. Kalitengah, kab Lamongan. Kedua, Apa makna dan fungsi dari tradisi pembacaan surat maryam dan surat yusuf dalam prosesi procotan kehamilan di desa Bojoasri, Kec. Kalitengah, Kab. Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah warga desa serta tokoh agama yang pernah melaksanakan tradisi procotankehamilan tersebut. Lokasi penelitian ini berada di Desa Bojoasri Kec. Kalitengah Kab. Lamongan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, tradisi procotan dilakukan ketika usia kehamilan memasuki usia 7 bulan dan dilaksanakan dirumah warga yang mengadakan hajad pada ba’da magrib atau sekitar jam 18.30 dengan mengundang warga setempat serta kiyai/modin dengan rangkaian acara berupa pembukaan, pembacaan surat Yusuf dan surat maryam serta diakhiri dengan do’a. Kedua, Pemaknaan masyarakat terkait pembacaan surat Yusuf dan surat Maryam yaitu 1)memaknai sebagai do’a yang dipanjatkan kepada Tuhan agar ibu dan bayi mendapat keselamatan. 2)memaknai sebagai bentuk rasa syukur. 3)memaknai sebagai washilah. Fungsi dari pembacaan surat Yusuf dan surat Maryam adalah pertama, untuk memperoleh keturunan yang cantik dan tampan serta shalih dan shaliha. kedua, mempermudah proses kehamilan hingga persalinan. ketiga, untuk menetralkan emosi ibu hamil. keempat, mempererat hubungan antara sang ibu dan janin. Kata Kunci: Tradisi, Procotan, Surat Yusuf dan Surat Maryam.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 18:02
Last Modified: 26 Jul 2021 04:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item