FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DAN MALAYSIA

astuti, Ike dwi (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DAN MALAYSIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor –faktor yang mempengaruhi profitabilitas meliputi CAR, BOPO, FDR, terhadap ROA dengan NPF sebagai variabel moderasi pada perbankan syariah Indonesia dan Malaysia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Negara Malaysia (BNM) periode 2014-2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan data sekunder berbentuk data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 11 bank umum syariah yang terdaftar di OJK dan 7 bank umum syariah yang terdaftar di BNM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan tahunan yang dipublikasikan di website masing-masing bank. Olah data menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda dengan sistem aplikasi Eviews 10 Version. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Statistik Deskriptif, Uji Stasioneritas, Uji Regresi Linier Berganda, dan Uji Asumsi Klasik. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa: 1) variabel CAR perbankan syariah Indonesia dan Malaysia tidak berpenagruh terhadap ROA; 2) variabel BOPO perbankan syariah Indonesia dan Malaysia tidak berpengaruh terhadap ROA; 3) variabel FDR perbankan syariah Indonesia dan Malaysia tidak berpengaruh terhadap ROA; 4) variabel CAR dengan NPF sebagai variabel moderasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA; 5) variabel BOPO dengan NPF sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif terhadap ROA; 6) variabel FDR dengan NPF sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:44
Last Modified: 29 Jun 2021 07:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item