PENGARUH PROFITABILITAS, KECUKUPAN MODAL DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Indonesia Periode 2014-2019)

TUNJUNGSARI, SEPTI (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, KECUKUPAN MODAL DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Indonesia Periode 2014-2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI SEPTI TUNJUNGSARI 63010160323.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROA dan ROE), kecukupan modal (CAR), dan leverage (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan Islamic Social Reporting sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data panel pada Bank Umum Syariah (BUS) periode 2014-2019. Pengolahan data yang digunakan adalah Eviews 10. Populasi data pada penelitian ini adalah BUS di Indonesia periode 2014-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samlpling yaitu menggunakan beberapa kriteria sehingga terdapat 11 Bank Umum Syariah yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ROE berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. CAR dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. ISR tidak mampu memoderasi CAR dan leverage terhadap nilai perusahaan, sedangkan ROA, ROE mampu dimoderasi ISR terhadap nilai perusahaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:53
Last Modified: 29 Jun 2021 08:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item