PERANAN GERAKAN PEREMPUAN MUSLIM INDONESIA DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI BIDANG SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS: MUSLIMAT NU DI KOTA SALATIGA TAHUN 1990-2015)

Afidah, Nurul (2021) PERANAN GERAKAN PEREMPUAN MUSLIM INDONESIA DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI BIDANG SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS: MUSLIMAT NU DI KOTA SALATIGA TAHUN 1990-2015). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_NURUL AFIDAH_53010170041.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NURUL AFIDAH. Peranan Gerakan Perempuan Muslim Indonesia dalam Pemberdayaan Perempuan di Bidang Sosial Keagamaan (Studi Kasus: Muslimat NU Kota Salatiga Tahun 1990-2015). Skripsi. Salatiga: Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, IAIN Salatiga. 2021. Muslimat NU adalah sebuah organisasi perempuan muslim yang lahir dari rahim organisasi Nahdlatul Ulama’ (NU), yang merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Muslimat NU merupakan sebuah gerakan perempuan yang berjiwa Islam Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah dan merupakan organisasi yang eksis dalam berbagai bidang, baik sosial, agama, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Sebagai gerakan perempuan NU, Muslimat NU tentunya telah memberikan kontrubusi yang sangat besar bagi Indonesia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Latar belakang berdirinya Muslimat NU tidak lain adalah untuk memberdayakan perempuan agar mencapai kesejahteraan dalam berbagai bidang. Sama halnya dengan tujuan didirikannya Muslimat NU Kota Salatiga, yakni memberdayakan perempuan. Penelitian skripsi ini membahas mengenai seluk beluk tumbuh dan berkembangnya Muslimat NU Kota Salatiga dari masa ke masa, dan bagaimana bentuk pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh organisasi Muslimat NU Kota Salatiga kepada perempuan-perempuan Kota Salatiga, terkhusunya perempuan NU. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Adapun tahapan dalam metode penelitian sejarah antara lain yakni: (1) Heuristik atau pengumpulan sumber, yang terdiri dari sumber primer dan sekunder, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan berupa wawancara; (2) Verifikasi atau kritik sumber, baik kritik internal maupun eksternal; (3) Interpretasi atau penafsiran sumber, dan; (4) Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian ini adalah lahirnya organisasi Muslimat NU Kota Salatiga tidak bisa dipisahkan dari keberadaan organisasi induknya, yakni Nahdlatul Ulama’ (NU) Kota Salatiga. Muslimat NU Kota Salatiga berdiri sekitar tahun 1950, atas bantuan K.H. Zubair Umar al-Jailani dan para perempuan NU Kota Salatiga. Dengan keberadaan Muslimat NU, masyarakat Kota Salatiga terkhusus perempuan NU mengalami kesejahteraan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Muslimat NU Kota Salatiga yang turut serta dalam berbagai kegiatan pemberdayaan perempuan baik di bidang sosial maupun keagamaan, seperti santunan kepada para dhuafa, edukasi remaja, bedah rumah, mendirikan panti asuhan, penyuluhan kesehatan dan KB, pelatihan da’iyah, majelis ta’lim, pelatihan haji, peringatan hari besar Islam, dan peringatan Hari Lahir NU. Kata Kunci: Peranan, Organisasi Muslimat NU, Pemberdayaan Perempuan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 11:29
Last Modified: 29 Jun 2021 04:31
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item