PERAN KEGIATAN MUHADHOROH DAN SYAWIR DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI PONDOK PESANTREN SYUBBANUL WATHON KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Winarsih, Wahid Ratna (2021) PERAN KEGIATAN MUHADHOROH DAN SYAWIR DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI PONDOK PESANTREN SYUBBANUL WATHON KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarsih,Wahid Ratna.2021. Peran Kegiatan Muhadhoroh dan Syawir Dalam Meningkatkan Pubic Speaking Santri Pondok Pesantren Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun 2021. Program Studi Komnikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Abrori M,S.i. Kata Kunci: Kegiatan muhadhoroh dan syawir , Public Speaking Public speaking merupakan berbicara didepan umum yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap orang.Kemampuan public speaking sangatlah dibutuhkan oleh manusia. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadhoroh dan syawir dalam meningkatkan kemampuan public speaking santri Syubbanul Wathon, serta bagaimana peran kegiatan muhadhoroh dan syawir dalam meningkatkan kemampuan public speaking santri syubbanul wathon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentas. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan trianagulasi. Tahap-taha dalam penelitian ini yaitu meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitan ini menyimpulkan bahwa pelaksaan kegiatan muhadhoroh dan syawir di pondok pesantren Syubbanul Wathon bersifat wajib bagi seluruh santri, dilaksankan rutin setiap malam juma’at secara berkelompok. Proses pelaksanaan muhadhoroh dimulai dari pembuatan teks, menghafalkan, menyetorkan dan menyampaikan pidato. Proses pelaksanaan kegiatan syawir dimulai dari Mengkaji kitab, mendalami, membahas, dan menyampaikan pendapat masing-masing. Adapun susunan acara: pembukaan, pembacaan al qur’an dan shalawat, acara inti, penutup dan lain-lain. Sehingga setelah mengikuti kegiatan muhadhoroh dan syawir dapat meningkatkan kemampuan santri dalam berbicara didepan umum sehingga dapat membentuk mental yang baik untuk santri. Peran kegiatan muhahdoroh dan syawir di pondok pesantren Syubbanul Wathon yaitu menjadi fasilitator bagi santri dalam melatih kemampuan berbicara didepan umum, mengembangkan skill dan menigkatkan bakat minat santri dalam berbicara didepan umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 14:13
Last Modified: 29 Jun 2021 14:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item