ANALISIS PENGARUH NON INTEREST INCOME DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN BANK EFESIENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2019)

WIDYANINGSIH, AYU (2021) ANALISIS PENGARUH NON INTEREST INCOME DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN BANK EFESIENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2010-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AYU WIDYANINGSIH BARU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Non Interest Income (NII) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas (ROA) dengan Bank Efesiensi sebagai Variabel Intervening, pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2010 sampai 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan path analysis sebagai analisis data. Sampel penelitian ini menggunakan 11 Bank Umum Syariah dari 14 Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK. Data diperoleh dari laporan keuangan yang telah dipublikasikan di website resmi masing-masing bank terkait kemudian diolah menggunakan komputer dengan aplikasi Eviews 10 dan SPSS versi 21.Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik melalui Uji Ttest, Ftest, R2, Uji Regresi Berganda serta Path Analysis atau Analisis Jalur. Hasil analisis pada pengujian uji t menunjukan bahwa NII berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Sedangkan NII tidak berpengaruh signifikan terhadap BOPO dan CAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap BOPO. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa BOPO tidak mampu memediasi pengaruh NII terhadap ROA namun mampu memediasi pengaruh CAR terhadap ROA.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 14:26
Last Modified: 30 Aug 2021 03:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item