IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI DRAGONLEARN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA ERA PANDEMIC COVID-19 DI MI MA’HAD ISLAM KOPENG KELAS V TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ASTIKA, MARGARITA NILUH (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI DRAGONLEARN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA ERA PANDEMIC COVID-19 DI MI MA’HAD ISLAM KOPENG KELAS V TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MARGARITA NILUH A 23040170007 NASKAH SKRIPSI sudah fiks(1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Astika, Margarita, Niluh. 2021. Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Dragonlearn dalam Mata Pelajaran Matematika Era Pandemic Covid-19 di MI Ma’had Islam Kopeng Kelas V Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi; Dragonlearn; Pembelajaran Daring; Era Pandemi Covid-19; Mata Pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi Dragonleran untuk mata pelajaran Matematika ERA PANDEMIC COVID-19 di kelas V MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2020/2021, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dan juga Untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan aplikasi Dragonlearn pada pembelajaran daring untuk mata pelajaran Matematika ERA PANDEMIC COVID-19 di kelas V MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2020/2021. Serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Dragonleran untuk mata pelajaran Matematika ERA PANDEMIC COVID-19 di kelas V MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:(1) Implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi dragonlearn dalam mata pelajaran Matematika era Pandemic Covid-19 menunjukkan para guru dan kepala sekolah bersama-sama terlibat dalam perencanaan pembelajaran menggunakan aplikasi dragonlearn. (2) Kelebihan pembelajaran daring menggunakan aplikasi dragonlearn yaitu murah, mudah dipelajari dan diakses, unik,serta menyenangkan. Kekurangan aplikasi ini yaitu: kurangnya pengawasan saat belajar, membutuhkan kuota yang cukup untuk dapat mengikuti pembelajaran, apabila koneksi internet terganggu atau lemah maka aplikasi akan otomatis keluar. (3) Kendala implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi dragonlearn yaitu: beberapa siswa kesulitan kuota dan jaringan serta tidak memiliki hp pribadi. (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pembelajaran daring menggunakan aplikasi dragonlearn yaitu: adanya bantuan kuota dari madrasah, pemberian waktu yang panjang dalam mengumpulkan tugas, dan menyarankan siswa bertanya kepada guru jika siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 14:43
Last Modified: 29 Jun 2021 14:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item