PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA MELALUI MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA STORY PICTURE PADA SISWA KELAS IVB MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FAIZAH, AISATUL (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA MELALUI MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA STORY PICTURE PADA SISWA KELAS IVB MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PGMI AISATUL FAIZAH 23040170021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Faizah Aisatul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Blended Learning Dengan Media Story Picture Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Skripsi: Imam Masarum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motode Blended Learnin, Media Story Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IVB MI Negeri Salatiga dengan menerapkan model blended learning dan dengan media story picture. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Negeri Salatiga yang berjumlah 24 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan terdiri observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara menghitung percepatan nilai hasil belajar tiap siklus dengan tindakan peningkatan kriteria ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model blended learning dengan media story picture terjadi keberhasilan perubahan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi wawancara, diketahui pada skor pra siklus hanya mempunyai rata-rata 68,95, selanjutnya pada siklus I menjadi 76,04, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,79. Persentasi ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia materi wawancara mengalami perubahan yang awalnya pada pra siklus hanya 37,5%, selanjutnya pada siklus I menjadi 66,6%, dan pada siklus II menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model blended learning dan media story picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi wawancara kelas IVB MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2021 14:46
Last Modified: 29 Jun 2021 14:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item