STRATEGI PENANAMAN SIKAP TAKZIM DAN KETAATAN BERIBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nafiah, Zuhrotun (2021) STRATEGI PENANAMAN SIKAP TAKZIM DAN KETAATAN BERIBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZUHROTUN NAFIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi Penanaman Sikap Takzim dan Ketaatan Beribadah Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri 1 Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui perencanaan penanaman sikap takzim dan ketaatan beribadah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. 2) Mengetahui pelaksanaan penanaman sikap takzim dan ketaatan beribadah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. 3) Mengetahui evaluasi penanaman sikap takzim dan ketaatan beribadah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa, pertama, perencanaan penanaman sikap takzim dan ketaatan beribadah siswa kelas XI ada di dalam buku satu yaitu dengan memuat seluruh rencana aktivitas pembelajaran intrakulikuler, ekstrakulikuler, dan hidden kurikulum. Seperti RPP hormat dan patuh kepada guru serta orang tua, nilai karakter siswa kelas XI, kegiatan PPK, dan Misi SMK Negeri 1 Salatiga. Kedua, pelaksanaan penanaman sikap takzim dan ketaatan beribadah siswa kelas XI yaitu saat siswa kelas XI sampai di gerbang wajib bersalaman dengan Bapak/Ibu guru, sholat dhuha, sholat dzuhur, dan sholat jum’at berjama’ah. Bagi siswa perempuan kelas XI yang sedang menstruasi wajib mengikuti kajian Nisa’, dan menerapkan “Budaya 5S”. Untuk guru PAI dan PPKN menyisipkan materi sikap takzim dan sikap religius. Ketiga, evaluasi penanaman sikap takzim dan sikap keaatan beribadah siswa kelas XI yaitu dievaluasi pada mata pelajaran PPKN dan Agama. Dari tiap-tiap mata pelajaran tersebut, memiliki nilai karakter siswa untuk dimasukan ke dalam nilai raport. Saat siswa kelas XI magang juga dievaluasi oleh masing-masing pembimbing, mengenai sikap takzim kepada Bapak/Ibu guru dan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:24
Last Modified: 01 Jul 2021 08:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item