NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ‘IDHATU AN-NASYI’IN KARYA MUSTHAFA AL-GHALAYAINI

PUTRI, WINDYA ANITA (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ‘IDHATU AN-NASYI’IN KARYA MUSTHAFA AL-GHALAYAINI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Windya Anita Putri 23010160226 (jilid).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan penanaman akhlak yang utama dalam jiwa generasi muda, dan menyirami dengan petunjuk dan nasihat sehingga menjadi kebiasaan jiwa, kemudian kebiasaan itu membuahkan keutamaan, kebaikan, cinta amal yang berguna bagi negaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in karya Syaikh Musthofa Al-Ghalayaini dan relevansi pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in karya Syaikh Musthofa Al-Ghalayaini dengan pendidikan akhlak saat ini. Skripsi ini menggunakan metode Library Research, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang obyek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal, koran, majalah, dokumen) dan lain sebagainya. Penulis fokuskan penelitian ini pada pendidikan akhlak. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penulisan ini adalah membaca buku ataupun data yang di dapat dari sumber data primer maupun sekunder dan mangkaji serta memahami isi atau pembahasan yang ada. Karena obyek dalam penelitian ini adalah buku-buku, maka penulis menelaah dan mengkaji buku-buku yang dipilih sebagai bahan penelitian. Setelah data terkumpul, maka dilakukan penelaahan secara sistematis dalam hubungannya dengan masalah yang di teliti, sehingga diperoleh data atau informasi untuk bahan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deduktif, induktif dan kontekstual. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: bahwa akhlak sendiri terdapat dua kategori yaitu akhlak terpuji dan tercela. Musthofa Al-Ghalayaini juga mengklarifikasikan akhlak kepada dua dimensi, yakni yang menuntun insan kepada sikap dan perilaku baik yang disebutnya dengan akhlakul karimah, dan yang menjerumuskan manusia untuk melakukan hal-hal yang merugikan manusia lainnya yaitu akhlak madzmumah. Para pelaku pendidikan khususnya bagi para pelajar harusnya memiliki sifat percaya diri, sabar, ikhlas, nilai keberanian, maslahah mursalah, nilai kemuliaan, nilai religiusitas, masyarakat madani, cinta tanah air, nilai kemerdekaan dan nilai kedermawanan. Nilai-nilai tersebut sangat dibutuhkan para pelajar, pemuda, dan generasi selanjutnya. Karena diatas pundak merekalah masa depan suatu bangsa dan negara.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2021 07:12
Last Modified: 15 Sep 2021 07:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item